Berita

Competation Of Islamic Science 5 – Kompetisi Sains yang Ditaja Tadris Fisika

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Tadris Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang mengadakan Competation Of Islamic Science 5 (COIS 5) pada Rabu – Kamis, 26 – 27 Oktober 2022. Kegiatan COIS ini merupakan program kerja tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Tadris Fisika.

Penyelenggaraan COIS 5 berbeda dengan COIS pada tahun sbelumnya. Jika pada COIS 1 – 4 sasaran peserta lomba adalah peserta didik pada tingkat SMP/MTs dan SMA/MA. Pada COIS 5 ini sasaran lomba adalah peserta didik tingkat SMA/MA dan Mahasiswa. Hal ini menunjukkan perubahan tujuan dari COIS itu sendiri. Jika pada tahun-tahun sebelumnya COIS menjadi ajang promosi Prodi Tadris Fisika kepada sekolah-sekolah yang tujuannya akhirnya meninggkatkan minat lulusan sekolah menengah atas untuk bergabung di Tadris Fisika, maka pada COIS 5 ini target kegiatan bukan hanya untuk promosi tentang Prodi Tadris Fisika namun juga memberikan peluang kepada mahasiswa, khususnya mahasiswa Tadris Fisika untuk berprestasi.

Hal ini juga sejalan dengan apa yang di sampaikan oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan bahwa “mahasiswa dituntur untuk berprestasi, oleh karena itu kompetisi-kompetisi dan olimpiade ini penting diadakan demi menjaring mahasiswa yang berprestas dan prestasi mahasiswa ini juga akan mendukung akreditasi program studi”. Melalui COIS 5 diharapkan dapat melairkan saintis-saintis muda yang cinta Fisika yang juga melek Agama sesuai dengan tema COIS 5 yaitu “Saintis muda cinta fisika melahirkan Indonesia yang berkarya dan berjaya melalui kompetisi bidang sains Terintegrasi Al- Qur’an dan Hadits”.

Adapun cabang lomba pada COIS 5 yaitu: olimpiade tingkat SMA/MA dan tingkat perguruan tinggi, serta cerdas cermat tingkat perguruan tinggi. Total peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah 150 peserta. Peserta berasal dari berbagai sekolah di Provinsi Sumatera Barat untuk tingkat SMA/MA serta dari berbagai kampus di Indonesia untuk kompetisi tingkat perguruan tinggI, seperti dari UIN Rade Fatah Palembang, Universitas Negeri Makassar, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UIN Sumatera Utara, UIN Padang Sidimpuan, UIN STS Jambi, Univeristas Bengkulu, dan lain sebagainya. Ketua Jurusan Prima Aswirna mengatakan “Setelah COIS 5 tingkat Nasional, harapannya COIS 6 nanti bisa merambat peserta kancah Internasional”.