Berita

Pengabdian Kepada Masyarakat – Dosen Tadris Fisika

Wujud pemenuhan Tri Dharma Perguruan tinggi salah satunya adalah denga melaksanakan pengabdian kepada masyarakat. Pada Juli – Oktober 2022 Dosen Tadris Fisika yang tergabung dalam Tim Pengabdian yang di Ketuai oleh Ibu Dr. Milya Sari, S.Pd., M.Si melakukan pengabdian “Pendampingan Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Terintegrasi Al-Quran berbasis Blended Learning” kepada guru-guru yangn tergabung dama MGMP IPA MTs se Kota Padang.

Kegiatan pendampingan ini dilakukan dalam 3 tahapan, yaitu tahap persiapan, tahap melayani, dan tahap refleksi. Hingga setelah empat bulan dilaksankan FGD hasil pengembangan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan oleh guru di Hotel Daima Padang. FGD yang merupakan bagian dari tahapan refleksi pengabdian ini memberi kesempatan kepada guru-guru untuk memparpak perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan untuk kemudian di amati dan dikomentari oleh peserta lainnya.

Dikahir kegiatan didapatkan bahwa pengetahuan guru-guru akan integrasi IPA dan Al-Quran meningkat, begitu pula dengan pemahaman guru tentang blended learning. Sehingga dihasilkan pula perangkat pembelajaran IPA terpadu yang terintegrasi AL-Quran berbasis blended learning yang sipa untuk diterapkan guru-guru dalam pembelajaran di kelas. Ibu. Drs. Pertamawati selaku ketua MGMP IPA MTs Se Kota Padang menyatakan kegiatan pengabdian ini sangat bermanfaat bagi guru-guru, merupakan refreshment pengetahuan yang dapat diterapkan. Ibu Drs. Pertamwati juga berharap kerjasama antara Prodi Tadris Fisika dengan MGMP IPA MTs Kota Padang terus terjalin, terutama bentuk kerjasama seperti penagbdian kali ini.