Visi, Misi, dan Tujuan

Visi merupakan suatu rangkaian kata yang di dalamnya terdapat impian, cita-cita atau nilai inti dari suatu lembaga atau organisasi. Bisa dikatakan visi menjadi tujuan masa depan suatu organisasi atau lembaga.  Ada juga yang berpandangan bahwa visi adalah suatu pandangan tertentu mengenai arah managemen lembaga. Ini sangat menentukan akan dibawa kemana lembaga yang bersangkutan di masa depan. Adanya visi ini dipengaruhi oleh suatu pandangan bahwa untuk mencapai suatu kesuksesan, sebuah organisasi atau lembaga harus memiliki arah yang jelas.

Selanjutnya visi akan dijabarkan menjadi misi. Misi adalah suatu proses atau tahapan yang seharusnya dilalui oleh suatu lembaga, instansi atau organisasi untuk mencapai visi. Di samping itu, misi juga dapat diartikan sebagai suatu deskripsi atau tujuan mengapa sebuah instansi atau organisasi berada di masyarakat. Ada juga yang menyatakan bahwa misi adalah penjabaran dari suatu visi. Apabila visi hanya ditulis dalam kalimat yang singkat, maka misi akan menjabarkan visi tersebut dalam beberapa kalimat yang lebih luas supaya orang yang membacanya lebih mudah dalam memperoleh pemahaman utuh.

Karena Tadris IPA – Fisika merupakan program studi yang berada di bawah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Imam Bonjol Padang, maka baik visi, misi, dan tujuan prodi Tadris IPA – Fisika juga harus selaras dan sejalan dengan visi, misi, dan tujuan FTK juga visi, misi, dan tujuan UIN Imam Bonjol Padang.

Adapun visi, misi, dan tujuan Prodi Tadris IPA – Fisika adalah sebagai berikut:

Visi Menjadi Program Studi Tadris IPA Fisika yang kompetitif di ASEAN tahun 2037
Misi Menghasilkan sarjana pendidikan IPA Fisika yang beriman, berilmu, dan berbudayaMenghasilkan karya penelitian, karya pengabdian kepada masyarakat berbasis riset, dan publikasi ilmiah dalam bidang IPA Fisika yang bermutu; dan

Mewujudkan pengelolaan program studi Tadis IPA Fisika yang profesional, berintegritas, dan akuntabel.

Tujuan Terwujudnya sarjana pendidikan IPA Fisika yang berkarakter, kreatif, mandiri, dan bertanggung jawabDiseminasi hasil riset dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang tarbiyah dan keguruan yang bermutu

Terwujudnya tata kelola program studi Tadis IPA Fisika yang sehat.