Berita

Wajah Baru Layanan Akademik di UIN Imam Bonjol Padang

Sejak Oktober 2022 UIN Imam Bonjol Padang telah meluncurkan Sistem Informasi Akademik yang baru yang dikenal dengan Siakad Cloud sebagai peralihan dari portal akademik yang selama ini digunakan. Pergantian sistem informasi akademik ini dimulai dengan melakukan bimbingan teknis penggunakas Siakad kepada bagian kemahasiswaan, dosen, dan mahasiswa secara bergiliran.

Dalam kegiatan sosialisasi dan bimbingan teknis penggunaan Siakad Cloud  kepada dosen Kepala UPT TIPD Zulfendri Hasan menyatakan bahwa pemindahan sistem portal akademik yang lama ke Siakad Cloud ini bertujuan untuk perbaikan layanan akademik.

Lanjutnya Siakad memiliki keunggulan yang tidak terdapat pda Portal yang lama, dengan Siakad bukan hanya aplikai yg memudahkan mahasiswa namun juga mendukung dosen untuk mendokumentasikan pelaksanaan tridharma perguruan tinggi, karena di dalamnya terdapat menu Sim Akademik dimana dosen dapat mengisikan riwayat penelitian dan pengabdian kepada msyarakat yang telah dilakukan.

Pada Siakad juga menunjang akreditasi perguruan tinggi, di mana di dalamnya terdapat menu Sim  Akreditasi yang dapat dikelola oleh Prodi untuk dokumentasi berkas-berkas kelengkapan akreditasi. Pada siakad juga sudah terdapat menu tracer study. Maka Siakad ini benar-benar merupakan wajah baru layanan akademik di lingkungan UIN Imam Bonjol Padang.

Dalam rangkaian kegiatan sosialisasi SIakad pada tanggal 21 Oktober telah dilaksanakan pula sosialisasi kepada mahasiswa. Dalam kegiatan ini di paparkan  bagaimana mahasiswa dapat menggunakan siakad Cloud. Adapun tahapan yg perlu dilakukan mahasiswa untukmengakses layanan siakad cloud adalah sebagai berikut:

  1. Buka halaman https://siakad.uinib.ac.id
    Setelah masuk pada website di atas terdapat menu untuk memasukkan nim dan password.
    2. Ganti password akun Siakad could
    Mahasiswa diharapkan untuk mengganti kata sandi pada layanan ini, karena menghindari pembobolan akun dan penyebaran data pribadi.

Selanjutnya hal yg perlu dilakukan adalah pengiatan penggunaan siakad coud oleh sivitas AkademikaUIN Imam Bonjol Padang.